Perbedaan Signifikan antara File System FAT32 dengan NTFS

loading...
Perbedaan Signifikan antara File System FAT32 dengan NTFS - Pada saat hendah memformat flashdisk tentunya pernah terpikirkan fomat file system apa yang sebaiknya dipilih apakah FAT32 atau NTFS atau lainnya?. Ya hal itu sy rasa banyak sekali ditanyakan oleh sebagian user saat hendak memformat flashdisknya.


Memang secara default rata2 flashdisk sudah terformat dalam betuk FAT32 karena memang FAT32 ini bisa terbaca pada hampir semua operating sytem yang berbeda. Namun tahukah anda bahwa pada hardisk windows kita ternyata lebih memilih format NTFS daripata FAT32, kenapa bisa demikian tentu da rahasia tersendiri didalamnya. Berikut akan kami coba ulas beda file system FAT32 dengan NTFS.

NTFS (New Technology File System)  dan FAT32 (File Allocation Table) merupakan file system yang sering dipakai pada media penyimpanan seperti harddisk, flashdisk, dan masih banyak lagi. Banyak orang bertanya mengapa flashdisk menggunakan FAT32 sedangkan harddisk menggunakan NTFS.

Perbedaan antara File System FAT32 dengan NTFS :

FAT32
NTFS
dapat bekerja hampir di setiap OS terutama Windows, Linux, DOS, dan yang lainnya.
tidak support dengan kebanyakan OS seperti Mac OS X, Mac OS X
hanya dapat memasukkan ukuran maksimum per-filenya sebesar 4GB saja
dapat memasukkan ukuran maksimum per-filenya lebih besar dari FAT32 yaitu sebesar 16Exabyte atau setara dengan 16 miliar GB.
dapat menampung hingga 65.517 buah file. Terserah berapapun ukurannya dan jenis filenya
dapat menampung lebih banyak dibandingkan FAT32 yaitu 4.294.967.295 buah file.
ukuran clusternya memiliki besar 32KB, jadi kita menyimpan file notepad yang ukurannya kecil (misalkan 2KB) di FAT32 akan tetap tersimpan dengan ukuran 32KB.
ukuran clusternya lebih kecil dibandingkan FAT32 yaitu 4KB, dan tentunya hal ini akan lebih menghemat free space
tidak memiliki fitur enkripsi dan file permission. FAT32 juga memiliki tingkat data corruption yang tinggi, sehingga sering terjadi data corrupt dan bisa dikatakan FAT32 tidak terlalu aman dibandingkan NTFS.
bisa dikatakan aman karena memiliki fitur enkripsi data dan file permission. NTFS juga memiliki tingkat kemungkinan data corrupt yang rendah karena sistem akan menyimpan terlebih dahulu data agar tidak hilang sebelum melakukan pemindahan data, sehingga jika komputer mati tiba-tiba pada saat file sedang diwrite, sistem tidak akan membutuhkan waktu lama pada saat proses pengembalian data (recover).
memiliki ukuran partisi maksimum sebesar 2TB, jadi jika anda memiliki harddisk dengan ukuran 3TB namun diformat menjadi FAT32, maka percuma saja yang dapat terbaca hanya 2TB.
memiliki ukuran partisi maksimum yang lebih besar dibandingkan FAT32 yaitu 16Exabytes atau setara dengan 16 miliar GB, sehingga harddisk dengan ukuran 20TB pun akan terbaca.

Dengan perbedaan penjelasan tentang Perbedaan antara File System FAT32 dengan NTFS mudah-mudahan bisa membantu anda untuk memilih jenis format file system apa yang cocok digunakan pada Flasdisk yang kita gunakan, tentu dengan segala konsekuensinya bukan?

Baca juga: Cara Ampuh Format USB Flashdisk Dengan CMD Diskpart

Sekian informasi tentang Perbedaan Signifikan antara File System FAT32 dengan NTFS, dan semoga bermafaat.
loading...

0 Response to "Perbedaan Signifikan antara File System FAT32 dengan NTFS"

Posting Komentar