Cara Mengatasi Koneksi Internet Modem Sering Terputus/Diskonek

loading...
Modem internet baik yang menggunakan jalur/Line seperti Modem ADSL Indihome maupun yang menggunakan jaringan seluler 3G/4G merupakan perangkat elektronik yang penggunaan dan cara merawatnya sama halnya dengan perangkat-perangkat elektronik lainnya.

Khususnya saat Modem tersebut digunakan secara nonstop selama 24 jam, pastinya akan membuat kondisi modem menurun dan kadang menyebabkan koneksi internet kita akan terganggu.

Berikut beberapa akaibat modem panas berlebih:
  1. Koneksi internet sering putus
  2. Saat browsing tiba-tiba hang
  3. Kecepatan internet menurun
  4. Akses pada aplikasi online tertentu menjadi terganggu
Khususnya hal ini biasa terjadi pada modem rumahan yang memang tidak dirancang untuk dipakai selama 24 jam secara terus menerus. Beda halnya dengan modem/router yang dirancang khusus untuk akses publik yang memang dirancang dengan mode pendingin khusus.

Solusi bagi yang mengalami beberap problem seperti koneksi diatas yaitu, kita bisa menambahkan pendingin tambahan pada modem. Pendingin tambahan ini bisa berupa penambahan Kipas atau bisa juga dengan menambahkan plat pendinging alumunium (heatsink) yang ditempelkan pada modem.

Berikut contohnya:

Kipas Pada Modem Wifi/Router

Plast Alumunium (heatsink) Pada Modem 3G/4G Portable

Penambahan pendingin pada contoh gambar diatas, silahkan sesuaikan dengan budget atau kreasi anda masing-masing. Yang terpenting ialah setelah proses penambahan pendingin tersebut terjadi perbahan penurunan/pengurangan panas pada modem anda.

PENTING !
  • Jika menggunakan pendingin berupa kipas, usahakan di beri jarak antara body modem dengan kipas (jangan langsung menempel) paling tidak minimal sekitar 1 cm atau lebih agar tidak terjadi interfensi magnetis dari dinamo kipas ke rangkaian modem sehingga menyebabkan kinerja modem (speed/kecepatan koneksi internet) justru menurun.
  • Untuk pengaturan jarak modem dengan kipas, hasilnya bisa dilihat dengan menggunakan aplikasi online speed tes www.speedtest.net. Contoh: Jika speed internet bawaan paket kita adalah 1 Mbps, setelah dicek ternyata menurun (dalam kondisi kipas dihidupkan) maka tambah lagi jarak antara modem dengan kipas kemudian lakukan pengecekan kembali speed internet dengan speed test dan lakukan hal ini hingga interfensi magnetis kipas tidak mengganggu kinerja modem.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "Cara Mengatasi Koneksi Internet Modem Sering Terputus/Diskonek"

Posting Komentar